Rilis Ubuntu

Ubuntu akan mengeluarkan rilis baru setiap enam bulan. Selain itu, rilis Enterprise dikeluarkan dalam 12 sampai 24 bulan, dimana rilis tersebut akan mendapatkan testing tambahan.

Rilis pada Ubuntu dilakukan sesuai jadwal, yaitu setiap enam bulan sekali. Pekerjaan tersebut membutuhkan usaha yang sangat besar dan Ubuntu memiliki tim inti yang merupakan kontributor Ubuntu penuh waktu. Tim inti ini telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mengembangkan dasar dari platform Ubuntu. Untuk pengembangan selanjutnya, Ubuntu bergantung kepada kontribusi dari komunitas (yaitu Anda!) dalam membuat setiap rilis semakin canggih, cantik, dan semakin terpoles dibandingkan jika kami bekerja sendiri.

Setiap rilis Ubuntu didukung selama 18 bulan. Dukungan yang diberikan adalah perbaikan keamanan, perbaikan critical bugs yang dapat menyebabkan kehilangan data, dan terjemahan tambahan.

Anda tidak perlu melakukan upgrade ke rilis yang lebih baru saat rilis tersebut keluar. Anda tetap dapat menggunakan rilis yang sudah ada selama 18 bulan (melewatkan dua rilis lainnya) dan selalu mendapatkan perbaikan keamanan secara teratur. Setelah itu, Anda perlu memperbaharui sistem Anda menjadi rilis yang lebih baru agar selalu mendapatkan perbaikan keamanan.

Upgrade suatu rilis ke rilis berikutnya mendapatkan dukungan dari Ubuntu. Jika ada rilis yang dilewati dan ingin melakukan upgrade ke rilis terbaru, maka Anda perlu melakukan upgrade satu-persatu melalui rilis antara yang ada. Upgrade dapat dilakukan sampai Anda mendapat rilis yang Anda inginkan.
Rilis Enterprise

Selain mengeluarkan rilis setiap enam bulan, tim Ubuntu juga mengeluarkan Rilis Enterprise (berdasarkan rilis saat itu) yang mendapatkan proses stabilisasi, pemolesan, dan penerjemahan tambahan. Rilis Enterprise akan mendapatkan dukungan yang lebih lama dibandingkan rilis lainnya yang hanya didukung selama 18 bulan. Upgrade antar rilis enterprise juga akan mendapatkan dukungan.
Jadwal Rilis

Berikut ini adalah rilis yang sudah diluncurkan:

1. Ubuntu 4.10 (Warty Warthog): 20 Oktober 2004
2. Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog): 8 April 2005
3. Ubuntu 5.10 (Breezy Badger): 13 Oktober 2005
4. Ubuntu 6.06 LTS (Dapper Drake): 1 Juni 2006
5. Ubuntu 6.10 (Edgy Eft): 26 Oktober 2006
6. Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn): 19 April 2007
7. Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon): 18 Oktober 2007
8. Ubuntu 8.04 (Hardy Heron): April 2008

1 comments:

Anonymous said...

gue juga udah tau

Post a Comment

Powered By Blogger

Label Cloud