Komputer Penebak Usia

Teknologi yang dikembangkan manusia untuk meningkatkan kecerdasan komputer ternyata jauh melesat dari apa yang dipikirkan manusia selama ini. Salah satunya adalah sebuah eksperimen oleh lllinois University, Amerika Serikat, yang telah berhasil mengembangkan komputer yang bisa mendeteksi usia si penggunanya. Para ahli komputer di lllinois University beberapa waktu lalu telah menciptakan sebuah software pada komputer yang mana dapat mengidentifikasikan wajah pengguna komputer secara cepat, lalu memberi tahu berapa usia pengguna tersebut.

Thomas Huang, ketua eksperimen, menjelaskan bahwa software yang dikembangkan timnya itu dibangun dengan algoritma kecerdasan artifisial dengan memindai 1.600 wajah orang yang berbeda dari lima gambar yang disediakan, atau menyimpan total gambar sebanyak 8.000 buah.

Untuk mengukur usia seseorang, komputer disetting dari umur 1 tahun hingga 93 tahun. Komputer akan mengidentifikasi muka seseorang yang diinginkan dengan menelusuri, memindai, dan mencocokkan ribuan database wajah yang telah terekam. Setelah itu, komputer akan menyortir presentase kecocokan umur yang paling mendekati.

Menurut para pengembang, software sangat cocok dengan para wanita yang habis-habisan melakukan makeup agar bisa nampak lebih muda. Komputer tersebut akan meneliti keefektifan makeup membuat seorang wanita nampak muda.

Software ini diklaim oleh pengembangnya mampu mendeteksi usia seseorang dengan tingkat akurasi hingga 80 persen.

1 comments:

Anonymous said...

sipp...sampe 80% hebat dong, tapi kira2 berapa lama ya prosesnya?

Post a Comment

Powered By Blogger

Label Cloud